5.3.11

Panda Raksasa (Ailuropoda melanoleuca)

-Panda Raksasa (Ailuropoda melanoleuca)-
 Kelas: Mamalia  Ordo: Karnivora  Family: Ursidae  Genus: Ailuropoda
SpesiesAiluropoda melanoleuca
 4. EN (Endangered -Terancam-).


 -mahluk pencinta damai-

Panda raksasa, salah satu keluarga dari beruang, merupakan mahluk pencinta damai yang mudah dikenali dari warna tubuhnya yang unik, hitam-putih. Menurut cerita rakyat masyarakat Tibet, panda raksasa mendapatkan warna di sekitar matanya karena menangis terharu lantaran diselamatkan oleh penduduk dari serangan leopard.
panjang panda raksasa dewasa dapat mencapai 150 cm (dari hidung ke pantat) dengan ekor 10-15cm dan mampu mencapai berat 150kg. hewan jantan lebih besar dan berat daripada betina.

-pegunungan Minshan-
panda raksasa hidup di hutan bambu di cina bagian barat. sebagian besar tersebar di pegunungan Qinling dan pegunungan Minshan. Dahulu kala, panda raksasa pernah meluas ke seluruh cina bagian selatan dan timur hingga ke Myanmar dan Vietnam utara. namun, karena bertambahnya populasi manusia, panda raksasa pun terdesak.

-Panda raksasa yang sedang marah-

Panda raksasa merupakan hewan yang cinta damai dan memilih untuk menghindari konflik. namun, jika pilihan untuk menjauhi konflik tidak ada, panda raksasa akan menunjukkan sifat agresifnya dan menyerang lawannya menggunakan kaki depannya yang kuat maupun dengan giginya. di alam liar, panda raksasa hanya memiliki beberapa musuh alami, diantaranya Macan Tutul Salju (pada film animasi Kungfu Panda, musuh utama Po si panda adalah Tai lung si macan tutul salju), Jackal, dan Weasel. namun yang membuat hawan ini menjadi langka adalah manusia.

-pemakan bambu-

walaupun termasuk ke dalam keluarga Ursidae (beruang), makanan utama (sekitar 99%) panda raksasa adalah bambu. karena bambu hanya memiliki sedikit nutrisi, panda raksasa harus makan setidaknya 12-38kg per hari untuk memenuhi kebutuhan energi mereka. sedangkan 1%nya merupakan tanaman lain dan daging, seperti pengerat kecil. sifat mereka tergantung pada bambu juga menyebabkan hewan ini menjadi langka karena dari waktu ke waktu hutan bambu makin berkurang karena ulah manusia.

-pada telapak tangan panda terdapat tulang pergelangan yang telah termodifikasi menjadi ibu jari tambahan (dalam gambar merupakan tonjolan yang paling atas)-

Tidak seperti beruang lain, panda raksasa dapat menggenggam makanannya, terutama bambu. telapaknya memiliki tonjolan tulang yang terlapisi bantalan kulit tak berambut yang bekerja sebagai ibu jari.

-panda raksaksa yang sedang melakukan pendekatan di Wolong research and breeding center-

Panda raksasa merupakan mahluk soliter. Panda raksasa sudah matang secara seksual pada 5,5 sampai 6 tahun. jantan dan betina hanya bertemu saat musim kawin yaitu pada musim semi di bulan maret-mei. sedangkan kehamilan terjadi selama 95-160 hari dan biasanya panda melahirkan satu ekor anak dalam 2 tahun. (di penangkaran panda sering melahirkan kembar ketika menggunakan teknik inseminasi buatan).

-panda raksaksa beserta bayinya yang baru berumur satu bulan-

anak panda yang baru lahir beratnya hanya 90-130gram berwarna merah muda dan belum membuka matanya. anak panda akan meninggalkan induknya ketika induknya kawin lagi (biasanya sekitar 18 bulan).

sumber gambar tercantum beserta gambarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar