9.3.11

Lemur Ekor Cincin (Lemur catta)

 -Lemur Ekor Cincin (Lemur catta)-
 Kelas: Mamalia  Ordo: Primata  Family: Lemuridae  Genus: Lemur  Spesies: Lemur catta 
6. NT (Near Threatened -Hampir Terancam-).



-Hantu hitam putih-

Lemur ekor cincin liar merupakan primata endemik yang hanya dapat ditemukan di pulau Madagaskar dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. kata Lemur berasal dari bahasa latin, "Lemurs" yang berarti "hantu". hal ini dikarenakan lamur ekor cincin memiliki bulu hitam di sekitar matanya dengan mata yang berwarna kuning atau ember yang membuatnya seperti memiliki topeng hantu. sedangkan nama "ekor cincin" berasal dari ekor hewan ini yang berwarna belang hitam putih.
Lemur dewasa dapat mencapai berat 2,2 kg dengan panjang mencapai 110 cm (dari moncong hingga ekor).

-pemanjat ulung-

Lemur ekor cincin menggunakan kaki tangannya untuk bergerak lincah di antara pepohonan. namun tidak seperti primata lain, lemur ekor cincin tidak dapat menggunakan ekornya sebagai alat bantu. walaupun demikian, lemur ekor cincin lebih sering menghabiskan waktunya di daratan daripada di pepohonan.

-pemakan buah-buahan-

Lemur ekor cincin merupakan herbivora. makanan utamanya adalah buah-buahan, baik yang telah jatuh dari pohon maupun yang masih menggantung di pohon. sedangkan untuk kebutuhan air, lemur ekor cincin sering menjilati air embun ketika hujan dan pergi ke sungai terdekat ketika tidak ada hujan.

-gigi khusus untuk 'menyisir'-

dalam hal kerapihan, lemur ekor cincin termasuk juaranya. ketika beristirahat, mereka sering membersihkan ataupun hanya merapihkan bulu-bulu mereka dengan gigi khususnya yang berbentuk menyerupai sisir.

-jantan bertarung untuk menunjukkan dominasi-

lemur ekor cincin memiliki kelenjar bau yang kuat yang digunakan untuk menandai wilayanya dan sebagai alat komunikasi. pada musim kawin, pejantan akan menutupi seluruh ekornya dengan kelenjar bau khusus untuk menantang pejantan lain untuk bertarung memperebutkan betina.



-hidup berkelompok-

Lemur ekor cincin hidup dalam kelompok kecil yang disebut "Troops". kelompok ini terdiri dari 6-30 ekor, namun rata-rata hanya 17 ekor. dalam satu kelompok jantan dan betina menjadi satu. namun satu betina dominan yang memimpin kelompok.

-lemur ekor cincin di film animasi-

dalam film animasi Madagaskar, lemur ekor cincin menjadi salah satu tokohnya: King Julien.

sumber gambar tertera bersamaan dengan gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar